Tuesday, September 18, 2018

Aplikasi Penambah RAM Android Berikut Atasi Masalah Penurunan Performa Smartphone

KEJOBONG.COM - Seiring dengan semakin banyaknya aplikasi yang terpasang di Android biasanya akan membuat performas perangkat mengalami penurunan. Hal ini biasanya ditandai dengan semakin lemotnya perangkat dan sering terjadi lag di Android. Kondisi ini terjadi akibat kapasitas penggunaan memory RAM telah mencapai batasnya sehingga tidak tersisa ruang lagi di dalamnya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda dapat menggunakan aplikasi penambah RAM Android berikut.


Baca Juga : Nikmati Jelajah Internet tanpa Gangguan dengan Aplikasi Browser Bebas Iklan

Daftar Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik


1. RAM Expander


RAM Expander ialah salah satu aplikasi yang paling umum digunakan untuk menambah kapasitas RAM di Android agar bisa menambah daftar aplikasi yang terpasang di perangkat. Aplikasi ini memiliki fitur swap file dengan kapasitas mencapai 4 MB untuk file VM.

Dengan adanya swapping file yang dilakukan oleh aplikasi tersebut, maka ruangan yang bebas (kosong) di dalam RAM akan lebih banyak. Sedikitnya memori RAM yang digunakan akan membuat performa Android semakin cepat, bahkan ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat sekalipun.

2. <2 GB RAM Booster (Fastest)


Aplikasi lainnya yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah memori RAM penuh yiatu aplikasi <2 GB RAM Booster (Fastest). Aplikasi ini ditujukan untuk perangkat yang spesifikasi RAMnya kurang dari 2 GB (512 GB atau 1 GB) agar tetap bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan optimal. Kelebihan dari aplikasi ini yiatu dapat berjalan secara optimal pada perangkat Android tanpa root maupun yang telah diroot. Aplikasi ini ditawarkan dengan ukuran APK yangs angat ringan yaitu 1,7 MB.

Cara penggunaan aplikasi penambah RAM Android ini sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan pemula dimana pengguna hanya perlu menekan tombol “Booster”, maka secara otomatis kapasitas penggunaan memori RAM akan menjadi lebih rendah. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu saat melakukan booster maka pengguna dapat menghemat penggunakan baterai hingga 20%.

3. RAM Booster eXtreme Speed Free


RAM Booster eXtreme Speed Free ini merupakan aplikasi penambah RAM Android yang cara kerjanya dengan melakukan mengontrol RAM di perangkat. Melalui pengontrolan yang dilakukan akan membuat perangkat seolah-olah mengalami penambahan RAM karena memiliki performa yang cepat. Aplikasi ini akan menghapus cache serta menghentikan sistem yang tidak dibutuhkan untuk mengurangi penggunaan RAM.

Aplikasi ini menyediakan fitur Auto RAM Booster dimana jika pengguna mengaktifkannya maka secara otomatis aplikasi akan melakukan booster RAM dengan interval waktu tertentu. Interval waktu yang tersedia meliputi bossting setiap 1 menit, 2 menit, 5 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam, 3 jam, 6 jam, 12 jam atau setiap hari sekali. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu pengguna dapat memilih tingkatan boosting sesuai dengan keinginannya mulai dari normal, kuat atau extreme boost. Aplikasi ini dapat digunakan pada semua Android meskipun belum dilakukan root.

4. Smart Booster Pro


Aplikasi Smart Booster Pro merupakan aplikasi besutan AntTek Mobile yang tersedia dengan versi gratis maupun berbayar untuk menambah RAM di Android. Aplikasi ini menyediakan fasilitas smart RAM booster, pembersihan cache dan memori ekternal.

Aplikasi yang berukuran 2,2 MB ini menyediakan 4 model RAM booster yang dapat dipilih pengguna yiatu aggressive, kuat, medium dan gentle. Setiap model RAM booster memiliki prioritas penghentian aplikasi yang berbeda-beda.

5. RAM Manager Pro: Memory Boost


RAM Manager Pro: Memory Boost merupakan sebuah aplikasi yang dikembnagkan untuk melakukan pengaturan terhadap RAM yang ada di perangkat. Aplikasi ini merupakan aplikasi penambah RAM Android secara virtual dimana memori RAM seolah-olah mengalami peningkatan. Aplikasi ini akan melakukan swap file terhadap beberapa file atau aplikasi sehingga seolah-olah aplikasi tersebut tidak memakan RAM meskipun sedang dijalankan.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu menyediakan beberapa fitur untuk mendukung aktivitas pengguna di Android seperti fitur preset, mode balance, hard gaming dan mulitasking. Fitur hard gaming ini dapat diaktifkan ketika pengguna ingin melakukan permainan yang berat agar performa perangkat tidak lemot. Sedangkan untuk fitur multitasking dapat membantu pengguna untuk melakukan aktifikat di beberapa akun media sosial secara bersamaan.

Kekurangan dari aplikasi RAM Manager Pro: Memory Boost yaitu hanya bisa digunakan pada perangkat Android yang telah dilakukan root terlebih dahulu dan memiliki versi di atas 2.1. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan oleh The Smart Projects ini merupakan aplikasi berbayar sehingga tidak bisa digunakan secara gratis.

Nah, itulah tadi informasi lengkap terkait aplikasi penambah RAM Android yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang perangkatnya mengalami penurunan performa. Dengan bantuan dari aplikasi di atas tentunya kita tetap bisa menginstall berbagai aplikasi pada Android dengan spesifikasi rendah tanpa harus ganti baru. Semoga bermanfaat.