Tuesday, September 18, 2018

Cara Memakai Tespek yang Benar dan Mudah

KEJOBONG.COM - Ketika kamu menginginkan seorang anak dan keinginan itu terwujud, sungguh bahagia rasanya. Apalagi mungkin kamu adalah pasangan yang baru saja menikah dan tentunya tujuan dari sebuah pernikahan adalah mempunyai momongan. Saat kamu merasakan hal yang mungkin itu adalah ciri-ciri kehamilan tentunya kamu akan merasa bahagia, panik dan penasaran. Seperti halnya saya sendiri adalah pasangan yang baru menikah, setelah 2 bulan menikah istri saya pun merasakan hal-hal yang mungkin itu adalah tanda dari kehamilan.


Pada saat itu saya pun bingun, dalam pikiran saya ketika itu menyuruh istri cek langsung ke bidan atau ke dokter. Namun ketika itu istri saya tidak mau karena takut kalau itu bukan tanda kehamilam " Ntar udah ke dokter ternyata cuman telat haid biasa" ungkap istri saya. Dan akhirnya istri saya mempunyai ide dan menyuruh saya untuk membeli tespek di apotek. Setelah itu istri saya pun menggunakan tespek tersebut tetapi ternyata karena baru pertama kali istri saya tidak bisa menggunakannya. Sehingga saya langsung search di google cara memakai tespek yang benar, tapi ternyata hasilnya baru sedikit artikel yang membahas hal ini. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memakai tespek yang benar.

Test pack atau tespek adalah alat uji kehamilan dengan tingkat keakuratann mencapai 99 persen. Cara kerja tespek dengan  mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urin atau air kencing. Ketika sel telur telah dibuahi dan menempel pada dinding rahim, seorang wanita akan memproduksi hCG. hCG baru bisa dideteksi setelah 7-14 hari setelah masa pembuahan.

Ada beberapa tips untuk memilih tespek

  1. Lihatlah terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa pada tespek karena jika tespek sudah kadaluwarsa akan mengurangi keakuratan untuk mendeteksi kehamilan.
  2. Minta pendapat kepada apoteker di apotek yang akan di beli tespek oleh kamu tespek mana yang membutuhkan kadar hCG lebih sedikit. Karena setiap wanita berbeda.
  3. Kamu harus menghindari juga kesalahan umum dalam menggunakan tespek.
  • Jangan melakukan tes dengan tespek terlalu cepat
  • Jangan terburu-buru membaca hasil tespek
  • Jangan terlalu lama membaca hasil tespek 
  • Tidak melakukan tes dengan tespek pada saat buang air kecil pertama kali
  • Tidak memeriksakan lebih lanjut ke bidan/dokter

Cara Memakai Tespek yang Benar

  1. Hal yang pertama adalah kamu harus membaca petunjuk penggunaan tespek yang tertera di kemasan produk dengan seksama. Karena setiap produk berbeda-beda penggunannya.
  2. Kamu harus membatasi aktivitas fisik serta menghindari makanan makanan tertentu.
  3. Lakukan semua langkah sesuai petunjuk yang tertera pada tespek tanpa melewatkan satupun.
  4. Kamu harus mengambil urin yang pertama kali setelah bangun tidur untuk mengecek kehamilan karena urin yang pertama setelah bangun tidur di pagi hari akan lebih akurat.
  5. Lakukan hal di atas setiap hari untuk meyakinkan bahwa kamu positif hamil. 
  6. Jika hasil menunjukkan positif, periksakan langsung kandungan kamu ke bidan atau dokter.
Itulah diatas tips dan cara memakai tespek yang benar, jangan menunggu waktu jika kamu sudah merasa tidak sabar langsung periksakan ke bidan atau dokter terdekat.