Wednesday, September 19, 2018

Nikmati Jelajah Internet tanpa Gangguan dengan Aplikasi Browser Bebas Iklan

KEJOBONG.COM - Dimanapun tempatnya, iklan selalu identik sebagai salah satu fitur yang paling mengganggu pengguna mulai dari saat menonton TV, video di YouTube, mendengarkan radio maupun membuka aplikasi seperti browser. Biasanya saat menjelajah beberapa laman web menggunakan sebuah browser, iklan tiba-tiba muncul dan kadang tidak bisa ditutup sehingga mengganggu pengguna untuk mencari informasi. Namun, ada juga loh beberapa aplikasi browser bebas iklan yang akan membuat agenda browsing Anda semakin mantap. Yuk, baca lebih lengkapnya.



Rekomendasi Aplikasi Browser Bebas Iklan Terbaik


1. Opera Mini


Ketika berbicara tentang aplikasi browser bebas iklan terbaik, Opera Mini tentu menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan. Pasalanya, aplikasi kawakan ini telah disediakan fitur pemblokiran iklan (Ad Blocking) di dalamnya sehingga semua iklan yang mengganggu akan diblokir secara otomatis. Bahkan, fitur ini juga dapat mempercepat akses laman penggunanya sehingga proses jelajah akan semakin lancar. Beberapa orang mengataskan bahwa kondisi kecepatan jelajah dapat meningkat sebesar 40% saat fitur ini diaktifkan.

Selain itu, fitur pemblokiran iklan yang dimiliki oleh Opera Mini juga dapat menghemat data mencapai 90% sehingga pengguna dapat menjelajah dengan puas tanpa takut kehilangan banyak data internet. Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah dimana Anda hanya perlu membuka menu “O” yang ada pada aplikasi ini dan memilih opsi Ad Blocking.

2. Firefox Focus


Salah satu aplikasi browser bebas iklan terbaik yang recommended untu Anda yaitu Firefox Focus. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi jelajah yang ringan dengan ukuran 2,8 MB. Browser ini merupakan anak dari Mozila Firefox dimana pada aplikasi ini lebih menekankan (fokus) pada kenyamanan pengguna karena tidak memiliki history browser (anti tracking). Bahkan aplikasi ini juga tidak menyimpan cache (anti save) sehingga sangat cocok untuk pengguna Android low spesification.

Aplikasi Firefox Focus ini juga dilengkapi dengan adanya fitur anti iklan sehingga pengguna tetap bisa menjelajah dengan cepat tanpa adanya gangguan iklan. Adanya fitur pemblokiran ini juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan browser ini sebagai salah satu browser tercepat.

3. UC Browser


Seperti yang telah banyak diketahui orang, aplikasi UC Browser merupakan salah satu aplikasi jelajah internet yang cepat sehingga banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Namun, keberadaan iklan tentu tetap menjadi penghalang meskipun performa jelajahnya patut diacungi jempol. Untuk mengatasi masalah iklan yang mengganggu pada beberapa situs website atau blog, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fasilitas pemblokiran iklan (Ad Block) sejak tahun 2014.

Cara untuk mengaktifkan Ad Block agar browser ini menjadi aplikasi browser bebas iklan yiatu dengan mengklik logo lingkarn yang didalamnya terdapat tulisan “AD” yang dicoret dan mengaktifkan Mode Ad-Block. Selain itu, pengguna juga bisa mengaktifkannya melalui menu utama UC Browser. Bahkan, pengguna juga dapat memperkuat  fitur blocking iklannya dengan menggunakan sticky Ads pada menu utama AD. Namun, kelemahan fitur Ad Block dari browser ini yaitu pada beberapa laman berita fitur ini tidak bisa berjalan secara optimal sehingga ada beberapa iklan yang tidak bisa diblokir.

4. Fastest Mini Browser


Fastest Mini Browser merupakan aplikasi browser bebas iklan yang paling ringan dibanding aplikasi lainnya dengan ukuran APK sebesar 785 KB. Sama halnya dengan aplikasi Firefox Focus, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pemblokiran iklan kualitas jempolan sehingga pengguna dapat memuaskan jelajahnya tanpa iklan sama sekali. Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu ukurannya yang ringan membuat konsumsi daya baterai maupun ruang memori Android sangat kecil. Selian itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur fast browsing untuk memuaskan penggunanya.

5. Dolphin Browser


Dolphin Browser juga merupakan salah satu aplikasi brwoser bebas iklan, hanya saja fitur pemblokiran iklan pada aplikasi ini bukan merupakan fitur bawaan yang diberikan oleh pengembang. Untuk bisa melakukan pemblokiran iklan pada situs-situs di browser ini, Anda harus menggunakan bantuan dari aplikasi ketiga yaitu aplikasi add-on. Aplikasi add-on ini dapat diunduh secara gratis. Setelah aplikasi add-on terpasang pada Android, pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu pada Dolphin Browser agar pemblokiran bisa berjalan dengan lancar. Cara mengaktifkannya sangat mudah yaitu dengan membuka menu pada browser yang memiliki ikon lumba-lumba dan memilih opsi Settings. Setelah itu, lakukan aktifasi pada opsi Adblock.

Kekurangan dari pemblokiran iklan melalui aplikasi ini yaitu menyita banyak ruang penyimpanan dan RAM karena membutuhkan aplikasi tambahan. Selain itu, dengan mengunduh aplikasi add-on tentunya akan menyedot data internet Anda.

Nah, itulah tadi informasi seputar aplikasi browser bebas iklan yang bisa dipasang pada Android Anda. Pada dasarnya, sebagian besar aplikasi browser saat ini telah dilengkapi oleh fitur pemblokiran iklan, hanya saja setiap browser memiliki kemampuan yang berbeda.